Tips Digital Marketing EdStudio

Tips digital marketing

Tips Digital Marketing EdStudio – Sudah tidak diragukan lagi fakta bahwa digital marketing atau online marketing merupakan hal yang sangat krusial  sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan bisnis saat ini. Tidak seperti sebelum-sebelumnya dimana banyak bisnis masih bertahan dan mampu menembus kesuksesan melalui metode pemasaran konvensional, namun saat ini metode tersebut sudah usang dan kalah dengan metode pengiklanan digital. Digital marketing dapat menjangkau lebih banyak customers dengan cepat dan tanpa batas. Oleh karena itu, digital marketing atau online marketing adalah salah satu kunci jika Anda ingin mencapai kesuksesan dalam memikat customers. Dalam artikel ini akan dibahas tips digital marketing yang pastinya sangat berguna untuk Anda para pemain pemasaran digital.

Dengan digital marketing tidak ada lagi kata sulit memahami dan menemukan apa yang diinginkan pelanggan. Semua data terkait pelanggan dapat ditemukan dengan mudah di internet baik dengan tools gratis maupun berbayar. Dengan adanya kemajuan dibidang tools atau alat seperti analitik, software digital marketing, online Ads, dsb, memudahkan Anda untuk menentukan customer persona yang tepat. Sehingga dengan begitu Anda benar-benar dapat mendapatkan hati customer agar membeli produk yang Anda tawarkan. Marketing secara online benar-benar memudahkan jalan Anda para pebisnis dalam memahami keinginan dan kebutuhan customer. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan ini & manfaatkanlah dengan baik. 

Ketika diterapkan dengan cara yang benar dan tepat, digital marketing akan memungkinkan bisnis Anda menjangkau pelanggan dimana saja mereka berada. Sehingga, Anda dapat mencapai target penjualan seperti yang Anda harapkan atau bahkan melebihinya. Selain itu, dari data yang didapat setelah memainkan digital marketing, Anda memiliki peluang mendapatkan peluang baru, customer persona yang lebih matang, meningkatkan penjualan, dan dapat menyiapkan berbagai rencana untuk persiapan jangka panjang. Dengan digital marketing Anda dapat memprediksi performa bisnis Anda untuk saat ini (jangka pendek), jangka menengah, dan jangka panjang. Hal ini membuat Anda dapat menyiapkan berbagai rencana untuk membackup segala kemungkinan yang dapat terjadi dimasa depan. 

Apa Sih Sebenarnya Digital Marketing Itu?

Pemasaran digital atau digital marketing adalah penggunaan media online, internet, dan perangkat elektronik untuk membuat bisnis Anda dikenal oleh pelanggan baik yang lama maupun yang baru. Jangkauan dari digital marketing juga fleksibel, Anda dapat membuat jangkauan tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Selain itu, teknik pemasaran ini juga menggunakan berbagai platform digital seperti media sosial, email, aplikasi, situs website, dan mesin pencari seperti Google. 

Saat ini, dalam dunia digital yang dimaksud pemasaran online adalah tentang bagaimana cara terhubung dengan customers di tempat dan waktu yang tepat & menawarkan barang/layanan yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki strategi dan target yang jelas akan siapa calon customer Anda, dimana mereka banyak menghabiskan waktu secara online, dan bagaimana menjangkau nya. Digital marketing mencakup berbagai aktivitas pemasaran yang lebih tepat disebut sebagai pengelolaan seperti pengelolaan konten, email, optimasi SEO website untuk mesin pencari, iklan, dsb. Untuk membantu Anda memahami bagaimana cara memainkan digital marketing dengan cantik dan baik, kami telah menyusun beberapa tips dan trik digital marketing yang telah terbukti digunakan oleh berbagai merek bisnis terkenal di dunia. 

10 Tips Digital Marketing Untuk Mensukseskan Bisnis Anda!

  1. Kombinasikan SEO dan Konten Marketing 

Sebelumnya SEO merupakan salah satu fungsi coding. Namun saat ini sebagian besar metrik yang ada pada algoritma Google semuanya berhubungan dengan konten dan engagement yang Anda dapatkan dari penyebaran konten yang hebat. Dengan memanfaatkan berbagai konten seperti visual/gambar, tulisan, infografis, suara, audio, video dsb, akan membuat audiens lebih tertarik daripada hanya menggunakan satu jenis konten saja. 

Buat Lebih Banyak Konten-Semakin banyak bisnis yang telah merambah dunia konten marketing yang akhirnya membuat persaingan semakin tinggi. Semua yang kita lakukan di dunia digital akan tenggelam dalam lautan informasi dan tumpang tindih, yang akhirnya membuat segalanya menjadi ruwet dan overload. Dalam lingkup SEO, tentunya banyak pebisnis yang sengaja melakukannya. Mereka memposting konten yang bagus dan original, sehingga Anda juga dituntut untuk membuat konten yang lebih baik dari mereka dan mengalahkannya. Sehingga bisnis Anda dapat bersaing dengan mereka yang telah bagus dan mengambil peluang. Menurut data dari HubSpot, memposting paling tidak sekali seminggu sangatlah penting untuk RPO dan faktanya ROI akan cepat turun secara drastis ketika Anda tidak memposting dengan rutin. Walaupun begitu, bukan berarti SEO dan konten akan bergantung pada kuantitas saja. Perpaduan antara kuantitas dan kualitas yang baik adalah kunci kesuksesan SEO dan konten marketing, untuk memenangkan hati audiens dan sesuai dengan algoritma yang ada.

Konten Berbobot- Konten yang Anda buat harus konten yang menghibur, informatif, dan memiliki feel yang sampai kepada audiens. Dengan konten yang berbobot Anda dapat menjalin interaksi yang baik dengan audiens. Sehingga audiens juga akan memberikan tindakan berupa menghubungi email, komentar, dan interaksi lainnya yang berkontribusi untuk ROI.

Konten Original- Apapun konten yang Anda buat, pastikan konten tersebut original. Baik itu konten audio, video, teks, atau apapun pastikan konten tersebut bagus dan asli. Jika tidak dapat membuat konten yang unik, menarik, dan bagus, Anda dapat menggunakan tenaga ahli untuk membuat konten di situs web Anda dan platform media sosial lainnya. Oleh karena itu Anda membutuhkan strategi konten marketing yang lebih matang dan kuat.

Konten Yang Relevan- Buatlah konten yang sesuai dengan minat audiens dan algoritma media yang Anda gunakan. Algoritma dan selera audiens menjadi kunci bagi Anda untuk selalu membuat konten yang tepat pada setiap medianya. Dengan memberatkan salah satu aspek, Anda tidak dapat mencapai kesuksesan konten marketing.

Proses mengetahui dimana audiens dalam proses konversi tidaklah mudah, namun jika Anda melakukannya dengan cara yang tepat dalam membuat coding content yang tepat (dengan menggunakan kode pelacak tertentu sehingga Anda bisa mendapatkan data akan berbagai tipe konten yang membuat audiens tertarik mengunjungi situs Anda) menggunakan tools yang bisa men-track darimana audiens berasal, sehingga Anda dapat membuat customer persona akan konten seperti apa yang mereka butuhkan. Dengan memberikan konten yang tepat disaat yang tepat membuat lebih banyak pengunjung datang ke situs atau media sosial Anda.

Jangkauan merupakan hal yang penting. Semakin banyak pengunjung datang ke situs website Anda, maka ROI anda akan semakin tinggi. Inilah salah satu alasan penting untuk memiliki beberapa platform media dan link nya terhubung ke konten yang Anda buat, sehingga pengunjung dapat menyebarkan karya Anda dengan mudah. Anda harus membagikan konten setelah membuatnya agar pengunjung terus membangun engagement dengan platform media yang Anda gunakan. 

Selain itu, tetaplah terhubung dan sebarkan konten yang dibuat oleh pesaing Anda. Banyak pakar menyarankan agar Anda membagikan 20% konten promosi Anda sendiri dan 80% konten berbobot lainnya, meskipun dari kompetitor bisnis Anda.

  1. Memiliki Interaksi Yang Seimbang Pada Setiap Platform Media Sosial 

Selalu siap sedia online adalah kunci kesuksesan pada setiap bisnis, khususnya pada saat ini dimana hampir semua bisnis telah beralih ke digital. Hal ini merupakan salah satu cara untuk tetap trending dan menonjol di antara banyaknya konten yang ada. Oleh karena itu, Anda harus membangun dan mengelola bisnis Anda di platform digital yang relevan dan konsisten. Perlu diperhatikan bahwa ada banyak jejaring sosial yang tersedia, namun Anda perlu mengidentifikasi dengan baik dimana audiens Anda menghabiskan sebagian besar waktunya. Kemudian Anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk men-targetkan mereka. Pilih platform atau media digital yang sesuai dengan bisnis & prospek bisnis Anda, setelah itu rancang strategi dan bangun branding yang konsisten di platform tersebut.

  1. Optimasi Situs Web Anda untuk Pengguna Smartphone

Pastikan konten yang Anda buat ramah seluler dan nyaman dilihat melalui smartphone maupun desktop. Kenapa? Karena saat ini lebih banyak audiens yang mengakses website, sosial media, dsb melalui smartphone atau gadget dibandingkan menggunakan komputer. Sehingga sangat penting untuk menjaga kenyamanan tampilan dan interaksi yang diakses oleh pengguna di semua perangkat baik mobile ataupun desktop.

Baca juga: Jasa Website Profesional 

Tips digital marketing

  1. Gunakan Media Yang Tepat

Digital marketing adalah penggabungan dari berbagai strategi yang ditujukan untuk berbagai media atau channel sperti SEO, Ads(PPC), media sosial, dsb. Untuk memastikan bisnis Anda memiliki marketing yang terintegrasi dengan baik dan sempurna, Anda harus menggunakan media atau channel digital yang tepat untuk membantu Anda memiliki campaign atau iklan yang efektif dan menghasilkan. Anda juga harus selalu belajar, mengevaluasi, dan mengembangkan keahlian Anda dalam menggunakan media tersebut. Lalu setelah itu Anda dapat mengolah data hasil evaluasi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan performa bisnis online Anda.

  1. Buat Desain Yang Memikat & Luar Biasa

Desain adalah salah satu kunci yang membuat digital marketing berhasil. Baik itu untuk digunakan di situs web, landing page, infografis, dsb, Anda harus menyiapkan desain yang akan memikat audiens dan membuat audiens tertarik untuk mengetahui lebih dalam. Tidak semua orang dapat membuat desain yang baik, oleh karena itu gunakanlah beberapa aplikasi atau alat yang dapat membantu Anda membuat desain yang bagus. Selain itu Anda dapat menggunakan jasa desain profesional untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Berikut ini beberapa alat atau aplikasi yang dapat membantu Anda membuat desain yang bagus dan menarik:

Tools Desain Terbaik & Mudah Digunakan 2021

Canva- salah satu tools terbaik untuk membuat konten media sosial baik untuk foto profil, postingan, story, pamflet, dsb. Salah satu aspek yang menjadi keunggulan canva adalah template yang beragam dan menarik. Canva menyediakan berbagai template yang dapat Anda rubah dan sesuaikan dengan mudah. Meskipun Anda tidak memiliki basic desain sekalipun, dapat dipastikan bahwa Anda akan membuat desain yang bagus dengan tools ini. Selain itu Canva selalu menambah template dengan rutin sehingga tidak ada desain yang membosankan atau monoton.

Photoshop- alat desain terbaik dan membutuhkan skill untuk menggunakannya. Meskipun sedikit sulit dan perlu belajar, photoshop merupakan tools yang sangat baik untuk membuat berbagai desain keren dan menarik. Banyak profesional yang menggunakan tools ini, selain itu sudah ada banyak video tutorial photoshop yang tersebar secara gratis di Youtube. Sehingga Anda tidak perlu membayar mahal untuk menguasai skill editing dan desain menggunakan photoshop.

Kuler-Jika Anda merasa kurang memahami perpaduan warna yang bagus, maka Adobe Color adalah sobat Anda. Adobe Color akan membantu Anda mengimpor gambar dan menggunakan warna dari gambar tersebut. Karena warna yang disediakan oleh alam, umumnya memiliki perpaduan warna yang cantik dan enak dilihat mata. Anda juga dapat membuat berbagai color pallete dengan mengambil warna yang cocok. 

  1. Buat Daftar Email

Siapkan ini sejak awal membangun bisnis Anda. Ketika Anda baru memulai suatu bisnis sebaiknya buatlah daftar email. Pastikan untuk mengumpulkan email orang-orang penting atau yang akan Anda kirimi update dan kemajuan bisnis Anda. Selalu kirimi informasi yang berguna dan hindari mengirim spam. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menjaga interaksi dengan partner bisnis, klien, ataupun customer. Sehingga Anda dapat menjaga dan mempertahankan relasi dan koneksi yang baik.

  1. Anggarkan Biaya Iklan Digital

Iklan digital termasuk kampanye menggunakan PPC (Pay Per Click) seperti Google Ads, Facebook Ads, & iklan media sosial lainnya yang bagus untuk menunjang performa digital marketing bisnis Anda. Rencanakan dan lakukan riset secara matang agar anggaran yang Anda habiskan dapat memberikan dampak yang signifikan. Selalu pantau iklan Anda dan evaluasi secara rutin untuk mendapatkan data. Data tersebut kemudian dapat Anda olah untuk menentukan langkah selanjutnya bagi bisnis yang Anda jalankan.

  1. Gunakan Infografis

Orang-orang saat ini lebih menyukai infografik karena mudah dicerna, menarik, dan simple. Perlu diingat bahwa otak kita lebih cepat memproses dan memahami gambar dibandingkan tulisan. Sama halnya seperti banyak orang yang lebih suka menonton video daripada membaca buku. Oleh karena itu gunakanlah infografis atau gambar agar  lebih banyak orang membagikannya. 

  1. Baca Data Analitik Dengan Teliti

Ujung tanduk dari semua spektrum kreativitas adalah analisis dan itulah formula terbaik yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan digital marketing. Google Analitik sangat cocok untuk membantu Anda memahami elemen paling penting pada website Anda dan bagaimana navigasi pengunjung di dalamnya. Jika Anda mencoba mempelajari cara menggunakan dan mendapatkan insight dari Google Analytics, maka Anda dapat menggunakan Google Data Studio untuk memberikan test drive menggunakan data dari situs E-Commerce Google.

Selain Google Analytic, terdapat berbagai alat analisis lainnya yang juga bagus untuk digunakan. Anda dapat menggunakan analitik dari setiap jejaring atau media sosial yang Anda gunakan, dan Anda dapat menyatukannya dan membandingkannya menggunakan dashboard seperti Cognos dari IBM, atau Anda dapat menggunakan tools berbayar lainnya yang lebih canggih untuk mendapatkan insight terbaik.

  1. Kampanye Antar Channel Yang Terintegrasi 

Mengintegrasikan strategi dan taktik pada semua channel tidaklah mudah dan cukup menantang. Terutama di perusahaan yang lebih besar dimana tiap tim dapat mengelola media atau platform yang berbeda, atau dimana agensi iklan yang beragam dan menangani aspek marketing yang berbeda pula, contohnya konten marketing, berbayar, dan sosial. Integrasi yang baik dan matang akan menjadi kunci kesuksesan digital marketing Anda. Sekarang saatnya membahas tentang, bagaimana cara mengintegrasikan seluruh strategi pada berbagai channel yang berkontribusi pada kesuksesan pemasaran digital Anda.

Baca juga: Strategi Pemasaran Digital 

tips digital marketing

  • Rencana yang Terkonsep dengan Matang

Rencana yang matang dan terintegrasi dengan baik dapat dilihat dari bagaimana koordinasi akan dijalankan. Koordinasi berasal dari berbagai elemen seperti pemesanan, pendistribusian, kampanye iklan, pengelolaan sosial media, dan bahkan sampai elemen seperti misi dan tujuan. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mengintegrasikan kinerja tim di mana tim akan membuat pos, infografis, dan metrik sesuai algoritma dan tujuan tim. Sehingga nantinya seluruh kinerja dari konsep yang matang ini dapat diukur keberhasilan dan dapat terus ditingkatkan kualitasnya. .

  • Rapat Kreatif/Evaluasi

Dibutuhkan rapat kreatif dimana semua orang harus menceritakan apa yang sedang mereka kerjakan. Kemudian forum akan memberikan masukan tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja orang tersebut dan bagaimana cara meningkatkan performa pada berbagai channel media yang digunakan. Kreativitas dan inovasi tim sangat dibutuhkan dalam rapat ini, sehingga setiap pertemuan akan menghasilkan peningkatan pada kinerja tim, khususnya tim media digital. Contohnya dari hasil rapat tersebut akan didapatkan style guide atau template yang disukai oleh audiens. Misalnya warna, jenis tulisan, dan materi seperti apa yang disukai oleh audiens di berbagai channel media yang digunakan. Berbagai logo, gambar, dan desain yang telah dibuat oleh tim digital juga dapat menjadi salah satu bahan evaluasi dalam membuat panduan template atau tema postingan. 

  • Quality Control

Perlu ada orang yang bertanggung jawab atas kesuksesan pemasaran digital dan orang tersebut adalah kunci untuk mengkoordinasikan kinerja antar tim. Beberapa organisasi memiliki quality control di mana orang teratas harus menyetujui semuanya sebelum ditayangkan. Sebenarnya quality control yang bergantung pada orang tertentu kurang bagus, karena dapat memperlambat proses. Selain itu, tidak seperti iklan konvensional, media digital adalah proses yang cepat dan rumit dimana setiap hal akan berhubungan dengan yang lainnya. Kemudian ketika salah satu pos kinerja mampet maka akan mempengaruhi pos kerja lainnya. Pola kerja team digital marketing memiliki integrasi satu sama lain, sehingga tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Jika terjadi masalah pada suatu pos kerja maka dapat dipastikan pos kerja yang lain akan terhambat dan terpengaruh. 

Oleh karena itu diperlukan strategi yang lebih baik dan cepat dibandingkan dengan bergantung pada satu quality control. Strategi yang lebih baik adalah menggunakan kalender master digital atau perangkat lain, seperti aplikasi, dashboard kerja/aktivitas harian, project, dsb yang berisi goals tiap individu yang tentunya menuju ke goals tim setiap harinya. Hal ini dimaksudkan untuk memungkinkan semua orang memposting apa yang sedang mereka kerjakan, channel media dan tools yang mereka rencanakan untuk digunakan, dan kapan eksekusi akan dijalankan. Namun, dengan memposting rencana saja tidak cukup, tetapi setiap orang harus memeriksa dashboard to do list ini setiap hari untuk melihat apakah goals harian mereka telah tercapai atau belum. Selain itu, melalui dashboard to do list ini semua tim dapat mengetahui kinerja semua anggota tim. Evaluasi mingguan atau harian juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Melalui dashboard ini, quality control juga dapat dengan mudah memeriksa dan mengkritisi kinerja tim. Seluruh kinerja akan dapat terbaca dengan jelas sudah sampai dimana dan bagaimana cara meningkatkannya. 

Terapkan Tips Digital Marketing Sekarang Juga!

Digital marketing adalah suatu keharusan untuk kesuksesan bisnis Anda sekarang, dan kami berharap daftar tips digital marketing dari EdStudio akan membuat Anda & tim terus menuju ke arah yang lebih baik. Berbagai tips digital marketing ini telah teruji dan kami terapkan dalam tim kami sendiri. Jika Anda melakukannya dengan baik dan benar-benar serius kami yakin tim digital marketing Anda akan sukses dan menghasilkan banyak penjualan. Digital marketing memanglah rumit, diperlukan tim yang super, usaha yang keras, dan banyak hal rumit lainnya. Namun dengan berbagai tips di atas tentunya Anda telah terbantu sedikit banyak tentang cara mengembangkan digital marketing yang benar. 

Jika ingin bisnis Anda sukses di dunia digital saat ini, tips pemasaran digital ini akan berguna. Apakah Anda memiliki cara atau tips lainnya? Tolong beri tahu kami di komentar di bawah ini ya calon orang sukses!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *